Blogger templates

Pages

Saturday 7 March 2015

Kretivitas



Pengertian Kretivitas
Kreativitas merupakan sautu kajian yang kompleks. Perbedaan definisi kreativitas dari berbagai ahli merupakan definisi yang saling melengkapi. Sudut pandang yang berbeda menjadi dasar perbedaan dari definisi kreativitas.
Berikut ini beberapa definisi tentang kretivitas yang diungkapkan oleh para ahli :
1.      Kreativitas adalah suatu proses yang menghasilkan sesuatu yang baru, apakah suatu gagasan atau suatu objek dalam suatu bentuk atau susunan yang baru (Hurlock 1978)
2.      Kreativitas adalah suatu proses upaya manusia atau bangsa untuk membangun dirinya dalam berbagai aspek kehidupannya. Tujuan pembangunan diri itu ialah untuk menikmati kualitas kehidupan yang semakin baik (Alvian, 1983)
3.      Kreativitas adalah suatu proses yang tercermin dalam kelancaran, kelenturan (fleksibilitas) dan originalitas dalam berfiir (Utami Munandar, 1977).
4.      Kreativitas merupakan ekspresi tertinggi keterbakatan dan sifatnya terintegrasikan, yaitu sintesa dari semua fungsi dasar manusia yaitu : berfikir, merasa, menginderakan dan intuisi (basic function of thinking, feeling, sensing and intuiting)” (Jung 1961, Clark 1986).
5.      Kreativitas merupakan sifat pribadi seorang individu (dan bukan merupakan sifat  sosial yang dihayati oleh masyarakat) yang tercermin dari kemampuannya untuk menciptakan sesuatu yang baru (Selo Soemardjan 1983)
Dari pengertian yang diungkapkan para ahli diatas dapat  disimpulkan bahwa kreativitas ialah “sifat dari seseorang yang mampu berfikir berbeda sehingga dapat menciptakan sesuatu yang baru ataupun memperbaharui sesuatu yang lama, yang akan bernanfaat untuk kehidupan seseorang, kreativitas dapat diedukasi ataupun dapat dikembangkan melalui berbagai kegiatan pendidikan maupun kegiatan di luar pendidikan”.

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll